Kacabdin Wilayah Aceh Selatan Motivasi Calon Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak


Aceh Selatan – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan melalui pembelajarn yang berpusat pada peserta didik, serta menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik di Kabupaten Aceh Selatan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Selatan (Annadwi, S.Pd., M.M) memberikan motivasi kepada para Kepala Sekolah dan Guru jenjang SMA yang telah dinyatakan lulus seleksi tahap-1 calon pengajar praktik pendidikan guru penggerak (PGP).

Di hadapan para kepala sekolah dan guru, Annadwi, S.Pd., M.M mengatakan bahwa pengajar praktik guru penggerak merupakan salah satu komponen dari bagian program pendidikan guru selain guru penggerak dan fasilitator. Tugas utamanya adalah sebagai pendamping guru penggerak dalam proses pendidikan guru penggerak.

Praktik pengajar juga berperan sebagai orang yang berbagi praktik baik, mengevaluasi dan memberikan umpan balik (feed back) kepada calon guru penggerak selama pendidikan yaitu 9 bulan.

Pada kesempatan tersebut, Annadwi, S.Pd., M.M juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisifasi dan peran aktif para kepala sekolah dan guru yang telah mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh Dirjen GTK, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Lebih lanjut, Annadwi, S.Pd., M.M meminta kepada calon peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi tahap-1 agar terus semangat dalam menyelesai seleksi tahapan berikutnya, karena ada 2 (dua) tahapan seleksi lagi yang harus Bapak/Ibu ikuti yaitu simulasi mengajar dan wawancara yang dilaksanakan secara daring mulai tanggal 1 s.d 7 Juli 2021.

Dari 16 peserta yang dinyatakan lulus seleksi tahap-1 untuk wilayah Kabupaten Aceh Selatan, 7 (tujuh) diantaranya merupakan kepala sekolah dan guru jenjang SMA yang berasal dari SMAN 1 Pasie Raja, SMAN Unggul Darussadah Kluet Raya, SMAN 1 Sawang, SMAN 1 Kota Bahagia, dan SMAS Insan Madani Meukek.

Kacabdin Wilayah Aceh Selatan sangat mengaharapkan dukungan dari semua pihak agar semua calon pengajar praktik pendidikan guru penggerak dari jenjang SMA dapat lolos sampai tahap akhir, sehingga program guru penggerak dalam mewujudkan merdeka belajar dapat terlaksana dengan baik di Kabupaten Aceh Selatan.

Sumber: https://kabardaily.com/kacabdin-wilayah-aceh-selatan-motivasi-calon-pengajar-praktik-pendidikan-guru-penggerak/

0 Komentar